06/08/2021

Macam macam reksadana syariah lengkap dengan jenis jenis reksadana pasar uang seperti bibit di 2021

By admin

Yuk, Kenalan dengan Jenis Reksadana Sebagai Investasi yang Menguntungkan

Secara sederhana, reksadana adalah penghimpunan modal dari masyarakat yang ingin berinvestasi dan dikelola oleh manajer investasi dalam bentuk portofolio efek. Beda antara reksadana dan jenis investasi lainnya adalah resiko yang ditanggung oleh investor dimana biasanya reksadana termasuk investasi dengan resiko kecil karena tidak harus dipantai setiap waktu seperti halnya investasi mata uang. Jenis reksadana sendiri ada beberapa macam, mulai dari pasar uang hingga saham. Manapun jenis-jenis reksadana yang dipilih secara umum ada berbagai keuntungan yang bisa didapatkan, yaitu diversifikasi investasi tanpa memiliki modal besar, ramah bagi investor pemula yang hanya punya segelintir pengalaman dalam bidang investasi hingga kemudahan mengelola dana karena semuanya sudah ditangani oleh manajer investasi. Berikut ini adalah macam-macam reksadana yang bisa Anda manfaatkan untuk mendulang keuntungan. 

Jenis Reksadana Pasar Uang

Macam reksadana yang pertama dan paling umum adalah pasar uang. Jenis reksadana ini termasuk yang paling populer karena memiliki resiko paling kecil sehingga pemodal kecil dan pemula juga bisa ikut ambil bagian. Reksadana pasar uang memiliki masa jatuh tempo yang cukup singkat yaitu pada umumnya kurang dari setahun sehingga Anda tidak perlu takut bahwa investasi akan gagal di tengah jalan karena dalam waktu singkat keuntungannya sudah pasti terlihat. Ada beberapa macam reksadana pasa r uang yang bisa dipilih, meliputi  time deposit (deposito berjangka), certificate of deposit (sertifikat deposito), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU). Jika tidak yakin produk reksadana pasar uang mana yang cocok dengan ekspektasi dan tujuan Anda dalam menanam modal, jangan ragu untuk mengonsultasikannya pada manajer investasi.

Jenis Reksadana Pendapatan Tetap

Kendati bukan jenis reksadana Syariah, reksadana pendapatan tetap masih masuk dalam koridor yang benar, Jenis reksadana ini akan menanamkan modal setidaknya 80% dari aktivanya dalam bentuk utang efek ataupun obligasi. Jika Anda bertanya kenapa porsi investasinya termasuk sangat besar, hal ini dikarenakan tujuan dari reksadana pendapatan tetap sendiri adalah untuk menjaga kestabilan tingkat pengembalian. Dengan kata lain, karena modal yang ditanamkan cenderung besar maka resiko yang mungkin diterima juga pasti lebih besar daripada jenis-jenis reksadana Syariah macam pasar uang. Tapi tenang saja, modal dan keuntungan biasanya berjalan searah dimana semakin besar investasi yang ditanamkan, semakin besar resikonya namun juga semakin besar pula keuntungan yang mungkin didapatkan. 

Jenis Reksadana Campuran

Reksadana campuran adalah jenis investasi yang menggabungkan alokasi dana investasi ke dalam bentuk yang berbeda dalam satu waktu, misalnya pada pasar saham dan obligasi. Tujuan dari kombinasi ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan harga dan pendapatan. Dibandingkan dengan reksadana pasar uang, resiko reksadana campuran memang masih lebih besar karena berada di level moderat atau tengah-tengah. Namun jika dibandingkan dengan pendapatan tetap, resikonya lebih kecil dengan pengembalian yang relative lebih tinggi. Dengan demikian, jenis penanaman modal ini cocok bagi Anda yang ingin mendapatkan profit lumayan tanpa takut kehilangan uang yang diinvestasikan. Jika ragu, Anda bisa memanfaatkan bibit reksadana sebagai pengatur modal yang ditanamkan. 

Jenis Reksadana Saham

Reksadana saham termasuk jenis yang paling banyak dipilih pemodal karena tingkat pengembaliannya yang paling tinggi. Namun seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, profit yang besar ini sudah pasti diimbangi dengan modal yang besar pula dimana investasi yang dilakukan harus sekurang-kurangnya 80% dariu aktivanya sama seperti pendapatan tetap. Bedanya adalah resiko reksadana saham lebih tinggi daripada jenis lainnya sehingga penanaman modal ini lebih cocok bagi Anda yang sudah berpengalaman dalam permodalan dan juga memiliki kekayaan yang banyak sehingga seandainya hal buruk terjadi, kondisi finansial secara umum tidak akan begitu terguncang dan mengakibatkan pailit atau kebangkrutan yang menyedihkan.

Tahun 2021 memang menjadi waktu yang tepat untuk memulai investasi sebagai metode memutar uang demi mendapatkan keuntungan yang lumayan. Jika merupakan pemain baru, jangan ragu untuk berkonsultasi lebih dulu ke manajer investasi atau orang lain yang lebih berpengalaman supaya penanaman modal yang dilakukan tidak membawa pada kerugian.