06/08/2021

Ide usaha makanan ringan serba 5000 dan lagi booming di 2021

By admin

Inspirasi Ide Bisnis Usaha Makanan ringan dengan Modal Minim

Usaha makanan ringan bisa dilakukan dengan modal minim, karena beberapa jenis bahan pangan memang mudah didapatkan. Dengan kreatifitas yang memadai, maka Anda akan bisa melakukan berbagai bisnis makanan menggunakan dana secukupnya. Tentu hal ini bisa disesuaikan dengan kemampuan. Berikut adalah beberapa inspirasi ide bidang usaha yang bisa dijalankan. 

Usaha Makanan Ringan Serba 2000 di Rumah

Yang pertama adalah usaha makanan ringan serba 2000 dan bisa dilakukan dengan berjualan di sekolah-sekolah. Anak-anak akan suka dengan aneka kue seperti mie lidi, sate jelly, dan juga tela-tela. Dengan harga serba Rp2 ribu, maka Anda akan bisa mendapatkan keuntungan antara 10%-20% setiap produk. 

Prosentase keuntungan dari bisnis makanan ringan kecil-kecilan ini kurang lebih antara Rp200-Rp400 setiap harinya. Jadi, jika menjual 100 produk di siang hari dan 100 produk di sore hari saat jam anak-anak les, maka keuntungan bersihnya bisa mencapai Rp40 sampai Rp80 ribu rupiah. Bayangkan saja, dengan modal terbatas, Anda bisa mendapatkan sekitar Rp2.4 juta setiap bulan. 

Usaha Makanan Ringan Serba 5000 di Booth Mini

Opsi yang kedua adalah usaha makanan ringan serba 5000. Modal yang dibutuhkan sangat terjangkau, sehingga Anda bisa memilih untuk berjualan aneka kebab mini, burger mini, milkshake, es kepal, dan juga minuman soda. Bahkan, Anda juga bisa membuat ice boba mini yang cocok untuk dikonsumsi siapa saja. 

Dengan harga yang murah, maka usaha makanan ringan serba Rp5 ribu ini bisa diminati banyak konsumen. Mulai dari anak-anak sekolah, mahasiswa, hingga orang dewasa. Semakin banyak pilihannya, maka semakin tinggi pula peluang mendapatkan konsumen dari berbagai sektor pasar. Apalagi jika Anda memiliki booth sendiri atau bisa membuat DIY booth untuk jualan. Pasti lebih hemat dan menguntungkan. 

Usaha Makanan Ringan Ala Korea

Jenis usaha makanan ringan yang lagi booming contohnya adalah Korean street food. Aneka makanan mulai kimbap, kimchi, ramyun, dan kue beras khas Korea akan bisa membuat Anda mendulang keuntungan. Terlebih karena banyak orang ingin mencoba jajanan tersebut karena menonton drama yang sedang booming di kalangan para pecinta Korea. 

Tak perlu uji coba masak sendiri, karena kini banyak pilihan dimsum dan seafood khas Korea yang bahan-bahannya dijual frozen. Jadi Anda tinggal menggoreng atau mengukusnya saja sehingga bisa lebih cepat dihidangkan tanpa persiapan ribet. Yang lebih menguntungkan adalah penyimpanannya lebih awet dan pasti bisa meminimalisir kerugian. 

Usaha Makanan Ringan untuk Diet

Banyak orang meremehkan ide jualan makanan ringan yang satu ini. Padahal faktanya, banyak sekali keuntungan bisa didapatkan dari bidang tersebut. Misalnya bisa menolong banyak orang, memasak makanan sehat, dan mengatur kadar gizi dengan pihak yang tepat. Apalagi jika latar belakang pendidikan Anda adalah seorang ahli gizi, ini pasti akan sangat menguntungkan. 

Saat ini, banyak orang yang kesulitan menemukan makanan sesuai dengan keluhan penyakit atau diet yang ingin dijalani. Misalnya sedang mengalami diabetes, tetapi sulit untuk mengatur diet rendah gula. Atau ketika seseorang mengalami obesitas, tetapi kurang memahami program diet yang tepat untuknya. 

Usaha makanan ringan yang bernutrisi akan bisa membantu menyelesaikan masalah mereka. Harganya pun bisa menyesuaikan dengan menu. Anda bisa menjual makanan secara custom sehingga hanya made by order. Ini akan sangat menguntungkan karena tidak perlu menyetok barang dan juga lebih rendah risiko. 

Usaha Makanan Ringan Berupa Ricebox

Ricebox merupakan pilihan usaha rumahan makanan ringan yang ngehits di tahun 2021. Alasannya beragam, karena masyarakat suka dengan kemasannya, simple, dan tentu lebih murah karena porsinya lebih minimalis. Namun, meskipun minimalis tetapi di dalam kotak nasi tersebut tetap ada nasi, lauk, dan topping

Ide ini banyak diadaptasi dari usaha makanan di Jepang. Dengan menyesuaikan pada budaya makan Indonesia, kini topping dan lauknya pun bisa beragam. Mulai ayam teriyaki, katsu, telur balado, hingga salad. Jadi, tak melulu menggunakan protein hewani saja. Tetapi bisa juga memakai sayur untuk menambah serat. Jadi, manakah ide usaha makanan ringan yang Anda minati?